Program Desa Binaan, Langkah Sederhana Untuk Mengabdi Kepada Masyarakat

Program Desa Binaan, Langkah Sederhana Untuk Mengabdi Kepada  Masyarakat

Jaluko.Com – Program Pengabdian kepada masyarakat berbasis Pengembangan Desa Binaan merupakan salah satu program pengabdian kepada masyarakat yang dikembangkan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan yang bekerja sama dengan  Ikatan Mahasiswa dari Program Studi Keperawatan, Psikologi, Ilmu Kesehatan Masyarakat, Farmasi Universitas Jambi. Program ini memfasilitasi kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa di Universitas Jambi dalam bentuk kegiatan pemberdayaan masyarakat. Program ini diharapkan mampu menumbuhkan kepedulian mahasiswa terhadap masyarakat melalui penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Program desa binaan ini berlokasi di Desa Muara Jambi, Kec. Maro Sebo, Kab. Muaro Jambi. Kegiatan tersebut berlangsung selama 1 bulan yang dibagi menjadi 4 minggu kegiatan pada tanggal 11 April – 02 Mei 2021. Kegiatan minggu pertama diawali dengan pembukaan desa binaan yang dibuka langsung oleh Dr. dr. Humaryanto, Sp.OT,. M.Kes. selaku Dekan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Sharing Session And Medical Checking In Muaro Jambi. Kegiatan tersebut berupa sosialisasi kesehatan lingkungan, dilanjutkan dengan cek kesehatan berupa pengukuran berat badan dan tinggi badan serta cek  tekanan darah dan gula darah.

Kegiatan minggu ke dua desa binaan mengangkat tema Breathe And Healthy Lung, pada kegiatan tersebut menghadirkan perawat dalam sosialisasi tentang ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Atas) dan apoteker pada sosialisasi ramuan tanaman herbal untuk mencegah COVID-19.

Selanjutnya kegiatan desa binaan minggu ke tiga dengan tema Play And Share Kindness, pada minggu ke tiga ini kegiatan dikhususkan untuk orang tua dan anak-anak Sekolah Dasar. Kegiatan untuk orang tua berupa sosialisasi pendampingan belajar secara daring/luring. Sedangkan kegiatan khusus anak-anak berupa praktik cara mencuci tangan dan dilanjutkan dengan Board game yang di adakan di area Candi Muaro Jambi. Pemilihan board game ini dimanfaatkan sebagai media alternatif  proses pembelajaran atau edukasi bagi anak-anak sehingga mereka dapat bermain sambil belajar dengan suasana.

Kegiatan minggu ke empat ini mengakhiri kegiatan desa binaan, dengan tema Merajut Tali Silaturrahim Untuk Meraih Berkah Ramadhan. Kegiatan minggu ke empat ini berupa pemberian kenang-kenangan ke pihak desa dan dilanjutkan buka bersama dengan masyarakat Desa Muaro Jambi.

Abuzar selaku Kepala Desa Muaro Jambi sangat mendukung kegiatan ini “kami berterimakasih kepada panitia desa binaan FKIK karena banyak kegiatan yang sudah dilaksanakan terutama di bidang kesehatan dan kami berharap kegiatan desa binaan ini dapat berlanjut karena bermanfaat sekali bagi masyarakat,” ujar Abuzar.

 

What's Your Reaction?

like
28
dislike
0
love
24
funny
4
angry
0
sad
0
wow
15